Pages

Subscribe:

Menu

Statistik

Share Button

Selasa, 06 Maret 2012

Sejarah Puzzle Rubik's Cube

Rubik’s Cube™ atau Kubus Rubik adalah sebuah puzzle mekanis yang diciptakan oleh seorang professor arsitektur asal negara Hungaria yang bernama Erno Rubik pada tahun 1974. Permainan puzzle ini mencapai puncak popularitasnya di awal tahun 1980an. Bahkan sempat dikatakan bahwa pada masa tersebut rata-rata setiap rumah di Amerika Serikat mempunyai sedikitnya satu buah permainan puzzle ini. Sampai detik ini diperkirakan telah lebih dari 100.000.000 Kubus Rubik terjual di seluruh dunia.


Permainan ini diklaim dapat meningkatkan ketajaman kecerdasan visual spasial dan daya nalar, sehingga tak heran banyak orang kecanduan memainkannya.

Sebuah Kubus Rubik mempunyai 43,252,003,274,489,856,000 atau sekitar 43 quintillion (miliar miliar) kombinasi posisi yang memungkinkan, walaupun seringkali hanya disebutkan mempunyai “jutaan” kemungkinan, yang disebabkan betapa besarnya angka-angka tersebut. Namun meskipun mempunyai kemungkinan posisi yang teramat sangat banyak, Kubus Rubik dapat diselesaikan dalam rata-rata 56 gerakan/putaran saja, bahkan bisa kurang dari itu.

Telah banyak kejuaraan diadakan untuk menentukan siapa yang dapat menyelesaikan Kubus Rubik dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Kejuaraan dunia pertama diadakan pada tanggal 5 Juni 1982 di Budapest dan dimenangkan oleh Minh Thai, seorang pelajar asal Los Angeles dengan catatan waktu 22,95 detik. Setelah itu sempat terjadi kevakuman dan kepopuleran Kubus Rubik makin meredup, hingga akhirnya diadakan kejuaraan dunia yang kedua pada tanggal 24 Agustus 2003 di Toronto. Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh Dan Knights, seorang programmer asal San Fransisco, dengan waktu 20.02 detik. Sampai postingan ini diterbitkan, rekor dunia resmi terakhir yang tercatat di WCA dicatatkan oleh speedcuber asal Australia yaitu Feliks Zemdegs dengan catatan waktu 5,66 detik !!!, dan untuk rekor Nasional Indonesia dipegang oleh Stephen Adhisaputra dengan catatan waktu 6,84 detik.

Sekarang permainan ini sudah dianggap sebagai olahraga dimana kecepatan tangan dan otak yang terlatih diperlukan untuk menyelesaikan tantangan secepat mungkin, dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para Speedcuber (Orang yang menyelesaikan rubik dengan cepat). Istilah resmi untuk olahraga ini adalah “SPEEDCUBING”.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

tak kujungi rek

Miftah Sururi Arditia mengatakan...

Ok, thanks y . . .

Anonim mengatakan...

http://jayaspring.blogspot.co.id/2015/09/tips-cara-memilih-velg-mobil.html?showComment=1449208743697#c5101795464227059993

achi mengatakan...

makasih kak udah sahre infonya

bedanya tepung tapioka dan tepung kanji

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda termasuk kritik dan saran anda. Terima kasih banyak atas kunjungannya. ^_^